Teknologi Terbaru tahun 2015

Technology will not be any death, Kata-kata itulah yang sering diucapkan para developer handar baik di bidang mobile maupun website. Manusia dituntut untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dari tahun ke tahun terus melesat. Teknologi bukan lah yang hal canggung untuk manusia zaman sekaranng. Kemampuan teknologi yang mempermudah pekerjaan manuisalah yang sering menjadi dicari sebagai alat membantu pekerjaan manusia. Di tahun 2015 ini ada beberapa aplikasi dan juga teknologi komputer yang terus berkembang dari taun ke taun bahkan teknologi ini semakin canggih dari tahun sebelumnya.

1. Uang elektronik dan dompet digital


    Kelahiran konsep mobile payment seperti apple pay yang dikombinasikan dengan teknologi NFC(Near Fiel Communication) yang ada pada perangkat mobile terpecaya akan heboh ditahun 2015. Keberadaan dompet digital ini pun secara otomatis akan berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, baik individu ataupun badan usaha. Saat ini saja, sudah banyak startup dan pemain dunia teknologi raksasa yang mengaplikasikan pembayaran mobile dan dompet digital diaplikasi buatan mereka. 
   
     Bank Indonesia (BI) pun sudah mengkomersilkan uang elektronik bagi warga indonesia. Iklan uang elektronik BI juga sudah berseliweran di Youtube. Terlebih mobile payment lewat konsep crowdfunding pun semakin menjamur dan menjanjikan sumber perdanaan yang besar bagi setiap orang diluar sana dengan metode kian mudah.

2. Layar fleksibel 


             
  Sejak kemunculan smartphone layar cekung milik LG dan Tv konsep 'curved' dunia teknologi semakin tergila-gila dengan layar fleksibel. Para pabrikan teknologi besar seperti samsung sudah merintis proyek layar lekung mereka lewat kehadiran smartphone Galaxy Edge deretan TV Curved mereka. Kebangkitan layar flexsiblepun diprediksi akan terus berlanjut ditahun 2015, terlebih saat para produsen hardware kenamaan seperti Intel akan siap memproduksi layar fleksibel lewat teknologi WiDi (wireless display). Bahkan, perusahaan penyedia lapisan layar terkemuka dunia, Corning, pun telah membuat versi kaca Glass super yang lentur dan dapat diadaptasikan dibanyak permukaan non datar. Oleh sebab itu, kita mungkin akan menemukan banyak perangkat terpasang layar lekung, Seperti kulkas atau microwave.

3. Teknologi nano

           

Nasib teknologi nanu juga tidak kalah cerah ditahun 205. Berbagai benda disekitar kita, misalnya kain dan konstruksi bangunan dibuat dari teknologi nano untuk meningkatkan fungsi dan kekuatanya. Benda-benda barupun yang terbuat dari teknologi nano pun diprediksi terus bermunulan di berbagai bidang. Tahun ini saja ilmuwan sudah mampu membuat DNA manusia dari robot-robot'nano' yang segera dikomersilkan tahun depan. Sebelumnya juga ita melihat pemanfaatan teknologi nano dibidang kesehatan seperti 'sangkar nano' dari robot super kecil yang bertugas mengantarkan obat pembunuh sel kanker langsung ke sel kanker itu sendiri.

4. Big Data

             

   Data sangat berguna bagi semua manusia(user) dan juga komputer. Tren pemakaian data dalam kapasitas besar atau Big data diperkiraan akan semakin kuat pengaruhnya ditahun 2015. Perusahaan teknologi besar seperti Intel dan IBM sudah siap merubah data menjadi salah satu aspke penting dala mengambil keputusan. IBM misalnya, sudah membuat sebuah super komputer yang siap merubah data dari twitter menjadi sumber daya berharga bagi banyak pihak. Data-data tersebut juga termasuk penanganan berbagai macam penakit mematikan seperti penyakit kanker. Tahun 2015 juga menjadi titik awal banyak perusahaa didunia yang mulai menggunakan data dan 'angka-angka; sebagai alat utama sebelum bertindak.

5. Kecerdasaan Buatan 

                 

Tahun 2015 adalah milik kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) tetapi jangan khawatir AI akan mengambil alih dunia, sebab sampai saat ini hal paling 'pintar' yang bisa mereka lakukan adalah menganalisa kebiasaan atau bahasa dari manusia. Namun Microsoft misalnya, sudah semakin dekat dengan penciptaan AI dengan kemampuan seperti otak manusia. Bisa dibayangkan saat Ai mulai bisa berpikir seperti manusia potensi apa yang bisa dibuka, seperti menerjemahkan berbagai bahasa didunia hanya lewat suara. Google juga sudah terjun dalam proyek AI super, Salah satunya membuat Ai yang dapat meniru kerja sel saraf pada manusia.


6. Baterai wireless

   Seberapa canggih smartphone yang kamu miliki, Perangkat itu akan menjadi tidak berguna apabila tidak ada baterai didalamnya. Sayangnya, Baterai lithium-ion seperti yang saat ini banyak dipakai vendor smartphone tidak mampu menghasilkan kapasitas penyimpanan yang besar. Nah, permasalahaan itu sudah dipercaya oleh national institute of Standards and Technology. Institut Amerika itu berhasil membuat baterai baru degan bahan utama sodium, bukan lagi lithium. Mereka mengklaim bila baterai baru itu dapat menghasilka energi yang lebih besar dan kuat, serta tetap stabil saat digunakan. Tidak hanya itu, baterai sodium pun bisa dibanderol dengan harga yang lebih murah karena proses pembuatanya lebih sederhana. Kelahiran baterai sodium bertepatan dengan berkembangnya teknologi wireless charging. Saat ini hampir seluruh gadget premium baru dibekali dengan fitur wireless charging. Kombinasi baterai sodium dengan wireless charging berpeluang besar menguasai ditahun 2015.


Nah itu beberapa teknologi terbaru yang akan lahir ditahun 2015 ini. 

Salam, Teknologi...

Share this

Related Posts

First