Perkembangan Teknologi Jam Pintar 2015

Dahulu jam hanya dikenal dengan adanya jarum penunjuk serta angka lalu terus berkembang dengan munculnya jam digital yaitu jam yang bekerja dengan ada sistem digital atau biner, Di tahun 2015 ini perkembangan teknologi tidak hanya berkembang di mobile, komputer, ataupun alat transportasi seperti contoh perkembangan teknologi pada jam. Teknologi perkembangan jam pun semakin cepat dan bahkan jam di zaman sekarang sudah sama dengan gadget yang kita punya. Jam pintar merupkan sebutan untuk perkembangan tekonologi jam di tahun 2015 ini.

             

Tren wearable device diawali dengan kemunculan jam tangan diprediksi akan semakin meningkat dalam waktu beberapa tahun mendatang. Dan tahun 2015, bakal menjadi tahun untuk jam pintar. Berbagai produsen smartphone meluncurkan jam pintar begitu juga dengan produsen jam tangan konvensional seperti Tag Heuer dan Swatch.

Sejumlah perusahaa teknologipun ikut mengembangkan perangkat jam pintar ini seperti Samsung, Apple, Sony, Microsoft, Nokia, LG dan Google yang saat ini sedang menyiapkan sebuah jam tangan pintar unggulan mereka.

Smartwatch memang didesain sebagai perlengkap smartphone dan dengan begitu seluruh fitur yang ada pada Smartwatch akan bekerja secara optimal. Jam tangan pintar ini terhubung dengan perangkat ponsel anda menggunakan konektivitas Bluetooth dan untuk beberapa Smartwatch ke dalam smartphone. 

Banyak jam tangan pintar yang mampu melakukan berbagai hal seperti mengontrol music yang ingin anda mainkan dalam ponsel anda atau mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel. Fungsionalitas yang sangat bervarisai tergantung jenis dari Smartwatch yang anda inginkan. 

Inilah beberapa jam pintar buatan beberapa perusahaan teknologi.



1.Asus Zenwatch 2


Bentuknya yang klasik membuat jam produksi Asus Zenwatch merupakan jam yag mempunyai tampilan yang elegant. Pada jam tangan ini terdapat sebuah tombol dibagian kanan perangkat mirip dengan tombol Digital Crown yang ada pada Apple watch. Entah apa fungsi dari tombol ini diduga bagian ini bisa digunakan untuk melakukan navigasi seperti fungsi dari Digital Crown. Dengan fungsi ini pengguna tidak harus mengusap layar sentuh untuk keperluan navigasi dalam sistem. 

Di perangkat terbarunya ini, Asus memperkenalkan kabel charger magnetic. Di charger baru ini, Asus mengklaim bahwa untuk mengisi daya Zenwatch 2 bisa mencapai dua kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi pertamanya.

2. Smartwatch Microsoft

      

Dari segi bentuk Smartwatch Microsoft ini sama menyerupai dengan tablet windows phode dengan layar yang kecil. Ikon-ikon yang ditampilkan mirip dengan dalam antarmuka OS Windows 8, Windows Phone, dan Xbox one.

Smartwatch ini dilengkapi dengan 11 sensor yang akan mendeteksi jumlah kalori dibakar, detak jantung, dan beberapa informasi mengenai kesehatan lainya. Smartwatch ini akan langsung terintegrasi dan tersinkronisasi dengan Bing Health dan Fitness. Beda dengan Smartwatch lainya buatan Mincrosoft ini bisa digunakan diberbagai platform seperti digunakan di iOS, Android, dan windows phone. 

3. Apple Watch

               


Apple Watch ini memiliki beberap ffitur canggih yang dapat kita gunakan sepeti Digital Crown. Digital Crown berfungsi untuk menelajahi antarmuka menunya. yang memiliki fisik berupa tombol berada pada sisi samping Apple Watch dan berupa tombol putar (dial). Layaknya iPhone fitur siri ini juga sama diterapkan pada Apple watch, Hanya dengan mengangkat pergelangan tangan, atau tekan dan tahan Digital Crown dan menatakan "Hey Siri" untuk memulai interaksi suara.

Dibelaakang Apple watch terdapat empat sensor yang berlapis lensa safir yang menggunakan sinar infa merah dan LED serta diode cahaya untuk mengukur detak jantung penggunanya. Menurut Apple sensor itu bersamaan dengan fitur gyroscope dan akseleremator bisa dipasangkan dengan GPD dan WiFi iPhone.

Bagian belakang Apple Watch juga ada charger induktif bundar. Teknologi isi ulang baterai dengan koneksi magnet ini masih sedikit yang menggunakan saat in. Teknologi ini digunakan Apple Watch untuk isi ulang inductive charging ini adalah MagSafe, Mekanismenya sama dengan konektor daya yang digunakan Macbook.



4. Mota SmartWatch




MOTA Smartwatch ini memiliki bentuk dan tampilan sama seperti Samsung Gear fit dan Nike FuelBand dengan tampilan antarmukanya yang simpel membuat MOTA Smartwatch ini menggunakan sistem digital dengan memilik transition yang elegant, 

terlihat praktis dengan layar OLED dan speaker yang terintegrasi dan juga ada mic untuk suara. Terhubung dengan Bluetooth 3.0 dan daya tahan baterainya 72 jam bila standby membuat Smartwatch ini cukup efisien, tiga jam bila digunakan untuk telepon. Dan untuk mengisi ulang baterai cukup selama dua jam.


5. Sony FES 

 

Tidak kalah dengan Apple, Sony pun akan meluncurkan jam pintar buatanya dengan menggunakan layar E ink. Jam pintar ini diperkirakan akan diterima pasar. Sony telah mengembangkan jam tangan terbuat dari kertas elektronik atau paper sebagai bagian dari prakarsa untuk bereksperimen menggunakan bahan-bahan untuk produk mode. Jam tangan bernama Sony FES watch ini memiliki desain minimalis dan monokrom, tetapi tidak memiliki fitur-fitur yang ditawarkan oleh jam tangan cerdas laiya. Yang menjadi kelebihanya yaitu jam ini bisa bertahan hinggal penggunaan 60 hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »