Teknologi Perkembangan Web

Perkembangan Web -- Awal mula perkembangan Internet (WEB 1.0) ditahun 1990-2000. Generasi pertama dari website di internet pada tipe ini pengunjung hanya bisa mencari (searching) dan melihat-lihat(browsing) data informasi yang ada di web. Jadi web tipe ini terlihat seperti papan pengumuman didunia maya. Di tahun ini web tidak bisa menerima perintah masuk. Demikian pesatnya pada saat itu web hanya menggunaan website static yang saling dihubungkan dengan hyperlink pada umumnya sehingga hanya menyampaikan informasi dengan satu arah saja. Ditahun yang sama yaitu pada tahun 1998 Google berdiri sebagai pemudah dalam mencari informasi. Disaat itu juga berdiri web site dengan format portal berita dan toko online yaitu AMAZON.com

Ditahun 2001 - 2010 atau disebut perkembangan web era kedua, Perbedanyaa dimana pengunjung web site mulai dapat melaukan interaksi dengan website seperti berbagi sebagai pertemanan dan juga kolaborasi menjadi satu untuk membahas yang penting. Ditahun yang sama munculnya website yaitu WIKIPEDIA serta apple mendirikan itunes di tahun yang berbeda dengan WIKIPEDIA, Lalu friendster diluncurkan dengan pelan-pelan website berkembang menjadi karakteristik yang berbeda yaitu pengunjung dapat berinteraksi dengan orang dengan berbasis web.

Diera ke tiga yaitu perkembangan web dari tahun 2005 hingga sekarang. Teknologi web generasi ketiga ini merupakan perkembangan lebih maju dari diera ke dua (web 2.0). Terlihat perkembangan teknologi web yang dimana website diera ini sudah bisa menjadi asisten pembantu kita dalam menggolah data kita maupun profil kita yang akan dipublikasikan. Web 3.0 ini seolah-olah seperti kehidupan nyata kita dialam nyata seperti adanya teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil avatar kita sendiri lalu seperti melakukan aktifitas didunia maya seperti layaknya didunia nyata. Diera ini kah serach engine merupakan hal yang penting karena dengan kita hanya mengetikan atau mencari sebuah kata maka apa yang kita inginkan akan ketemu dengan mudah.




Teknologi WEB -- Pada dasrnya teknologi web dibagi menjadi dua yaitu Web Statis dan Web Dinamis. Persamaan web statis dan web dinamis yaitu sama-sama keduanya merupakan suatu website yang menampilkan topik khusus.

1. WEB STATIS

   Web Statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Web Statis tidak memiliki database sehingga pemrosesan antara pengguna dan web hanya terjadi antara link saja. Contoh dari Web Statis yaitu Web profil perusahaan karena konten yang terdapat dalam web tersebut hampit tidak dapat diubah karena langsung diletakan pada HTMLnya.

2. WEB DINAMIS

  Web Statis berbeda dengan Web Statis.Di Web Dinamis ini pengguna dapat menggubah isi konten dari web tersebut hanya dengan menggunakan permintaan (Browser Request). Dari permintaan pengguna tersebut diolah dan diproses oleh server yang kemudian akan ditampilkan isinya. Tentunya isi dari Web Statis ini dapat berbeda-beda kontenya antara konten yang satu dengan yang lainya. Berbeda dengan Web Statis, Web Dinamis ini terhubung ke database pada setiap konten serta halamnya yang dapat menyebabkan interaksi antara pengguna lebih berasa. Contoh dari Web Dinamis ini yaitu portal berita dan Jejaring sosial. Terlihat seperti Facebook kita dapat mengubah status kita serta mengubahnya.

                     


Teknologi dalam pembuatan website -- Pemograman dalam membangun web (web development) sangat penting untuk menciptakan web site yang dalam berinteraksi dengan pengguna.

1. Pemograman PHP
Pemograman ini sangatlah penting dalam mengembangkan suatu website. PHP merupakan sebuah script untuk menghasilkan kode-kode html agar halaman website ini bisa dirubah sesuai keinginan kita. Lebih dari 80% website dihasilkan menggunakan teknologi PHP ini

2. HTML
HTML merupakan pemograman dasar dalam menggunakan bahasa pemograman web yang lain. HTMl ini bahasa yang dipakai browser seperti google chrome dan mozilla untuk menampilkan informasi baik tulisan maupun gambar. HTML ini sangat pesat perkembanganya mulai dari HTML 3 sering dipakai pembuat website hingga sekarang yaitu HTM%

3. Javascript
Javascript dipakai sebagai validasi data pengunjung  yang data tersebut didapatkan sebagai inputan dari pengunjung.

4. CMS
CMS (Content Management System) terlihat dari namanya CMS dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan client.

5. Search Engine Friendly atau SEO (Search Engine Optimization)
Website dirancang mudah ditemukan melalu search enggine Google dengan menginputkan kata atau huruf dengan keyboard.


Kesimpulnya teknologi website akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia pada zamanya. Website juga berkembang dari segi bahasa pemogramanya seperti HTML3 ke HTML 5 dan juga dalam segi tampilanya,interaksi, dan juga temanya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »