Perkembangan Bahasa Pemograman Web HTML

Bagi pecinta web pasti tida asing lagi dengan yang namanya bahasa pemograman web yang sangat dasar yaitu HTML(Hyper Text Marup Language). Untuk kalangan tertentu HTML merupakan hal yang aneh karena kebanyakan orang hanya mengakse suatu website dan tidak memahami bagaimana cara membangun sebuah website tersebut.

Ketika membuka suatu website seperti google.com atau yahoo.com pasti banyak tulisan dan gambar yang tertera disana. Namun, apakah ada dibenak anda bagaimana cara gambar dan tulisan ini dapat tersusun? Lalu bagaimana cara membuatnya ? Hal ini lah yang mengakibtkan perkembangan web terus terjadi. HTML lah jawabanya.

HTML yang mengakibatkanya gambar dan tulisann dapat tersusun. Jika anda belum paham bukalah suatu website lalu tekanlah CTR+U maka disana pasti ada ribuan tulisan bahasa yang anda tidak mengerti. Untuk melihat dimana letak HTMLnya anda tinggal cari tanda '<' dan '>' itu merupakan tag dari HTML.

Bahasa HTML bukanlah bahasa yang kita biasa pakai sehari-hari tapi HTML merupakan bahasa pemograman web. Untuk para programer WEB pasti tidak asing dengan HTML ini khusunya yang sudah memiliki web atau blog.  Bahasa HTML merupakan bahasa yang harus dipahami dulu oleh para programer web. Alasanya karena dasar dari HTML tersebut digunakan sebagai editing serta kostumisasi sebuah blog atau web milik anda. Selain itu HTML merupakan bahasa dasar yang mengingat bahwa banyak bahasa pemogram yang dimasukan kedalamnya seperti contoh CSS dan PHP.

Tahun 1981 IBM (International Business Machines) membuat konsep untuk penggunaan HTML suatu document. IBM memberikan nama Generalized Markup Language (GML) pada bahasa pemograman yang bertugas menangani masalah document tersebut.

Nah, Dari segi pengembanganya HTML sendiri diawali dengan lahirnya HTML versi 1.0 hingga HTML versi 5.0. Kita akan bahasa satu persatu perkembangan HTML tersebut.

                         
                     

HTML versi 1.0

 HTML versi 1.0 ini diciptakan pada tahun 1989 .Pada HTML versi 1.0 memiliki kemampuan untuk heading paragraf, Hypertext List, cetak label, dan miring pada tulisan. Versi ini hanya sebagai editing pada text sebuah paragraf. Versi ini hanya mendukung peletakan gambar pada dokument tanpa membolehkan teks berada pada sekeliling gambar. HTML versi 1.0 dulu digunakan untuk menulis suatu data atau artikel didalam suatu halaman website. Kekurangan dari versi ini hanya dapat menampung 22 Elemen saja.


HTML versi 2.0

HTML versi 2.0 merupakan perkembangan dari versi sebelumnya yang muncul pada tahun 1995 yang berubah nama menjadi HTML 2.0. Perkembangnya terletak pada fiturnya yang dimana HTML versi 1.0 hanya digunakan sebagai editing pargrad di versi 2.0 memiliki banyak fitur tambahan seperti table,applet, superscript, sub script, dan marque. Pada tanggal 14 Januari 1996 lah HTML versi 2.0 resmi berubah namanya. Dari versi inilah terbangunya cikal bakal website yang interaktif karena di versi inilah kemampuan untuk membuat suatu form pada dokument dapat digunakan seperti kita memasukan nama,alamat, keritik dan saran kita

HTML versi 3.0

Dengan terusnya berkembang bahasa pemograman HTML ini menambahkan versinya menjadi 3.0 didalam versi ini terdapat HTML versi 3.0 dan 3.0. Keduanya lahir ditahun dan bulan yang berbeda HTML 3.0 lahir dan resmi pada tanggal 18 Desember 1997 lalu untuk HTML versi 3.2 Lahir dan resmi pada bulan Mei 1998.

HTML versi 3.0 menambahkan penyempurnaan pada fasilitas tabelnya. versi ini tidak bertahan lama atau disebut dengan HTML+. Tidak bertahan lama digantikan dengan versi 3.2 yang merupakan penyempurnaan lagi pada versi 3.0

HTML versi 4.0

HTML versi ini lahir pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penyempurna dari versi 3.2.
HTML versi 4.0 memuat banyak sekali perkembangan dari versi sebelumnya. Versi ini banyak sekali mengalami perubahan dan revisi dari versi sebelumnya. Diantaranya perubahan pada table,image,link,text, meta, imagemaps,form, dan lain-lain.


HTML versi 5.0

HTML versi 5.0 lebih dikenal dengan panggilan HTML5. HTML versi 5.0 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 dan disebut sebagai Web masa depan oleh banyak orang. Dengan lahirnya versi ini pada programer web dimudahkan dengan adanya adobsi plug-in seperti individu Flash. Web akan menjadi lebih bebas dan terbuka dengan API yang disediakan oleh HTML  versi 5. HTML5 menimbulkan banyak masalh ketika akan menyumparkanya mulai dari Ian Hackson yang telah menerbitkan draft pertama pada HTML5 lalu Steve Jobs.

Perkembanganya HTML5 ini dari versi sebelumnya yaitu penulisan kode yang lebih efisien dari html versi sebelumnya, Fitur video dan audio untuk media pemutar file, Lebih markup dalam mengantikan scripting.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
17 September 2018 pukul 22.58 delete

nice share, bahasa pemrograman web merupakan dasar membangun sebuah website sebagai contoh HTML yang sudah berkembang dari HTML v.1.0 hingga HTML v.5.0 dengan lahirnya versi yang terbaru semoga dipermudahkan dalam belajar dan mendesain web.

Kunjungi website Kampus saya : Atma Luhur

website saya : Naliyana
TRIMS

Reply
avatar
3 Januari 2019 pukul 23.18 delete

itukan tahun 2015..kalau tahun 2019 apakah ada yg baru?
www.boxpai.net

Reply
avatar