Predeksi Perkembangan Teknologi di Masa Depan

     Para developer handal serta banyak orang berimajinasi dan menciptakan teknologi yang mereka inginkan bahkan mereka berimajinasi untuk menciptakan teknologi seperti di film-film fiksi. Google telah menciptakan bahwa dimasa depan semua benda akan menggunakan glass dengan sistem layar sentuh. Namun banyak orang yang menginingkan bahwa teknologi yang bakal berkembang yaitu teknologi yang berhubungan dengan dunia travel.

        Jika untuk tahun ini istilah keliling dunia maka untuk tahun depan akan menjadi keliling jagat raya. Memang untuk tahun ini tidak mungkin manusia akan mengililingi jagat raya. Namun kenyataanya sudah banyak teknologi ciptaan manusia yang memungkin untuk keliling luar angkasa. Artikel ini bersumber pada situ CNNGo. inilah  prediksi dunia travel dimasa depan.

1. Pasport modern

             

Dimasa depan paspor yang akan digunakan mungkin akan beda pada zaman sekarang. Mungkin jika kita dibandara akan menunjukan pasport kita di masa depan tidak perlu lagi menunjukan fisik pasport namun dengan hanya menggunakan ID khusus dan tinggal gesek ke mesin khusus. Di tahun ini menggunakan penyimpanan biometrik akan menjadi kuno. Konsep paspor ini sudah direalisasikan dibeberapa negara seperti Hongkong, Singapura, Inggris. Di indonesia sudah ada konsep pasport modern ini disebut dengan e-Passport.

2. Elevator menuju luar angkasa


            

Dengan melihat namanya pasti dibenak kita tidak mungkin menciptakan elevator yang menuju keluar angkasa. Namun kenyataanya, Sebuah perusahaan raksasa jepang telah mengumumkan bahwa ereka akan membangun sebuah lift atau elevator berjalan menuju angkasa pada tahun 2050. Perusahaan raksasa  itu bernama Obayashi yang akan membangun lift dengan panjang 96.000 kilometer agar bisa mencapai luar bumi.

 Lift ini nanitanya akan beroperasi menggunakan tenaga linear magnetik yang akan membawa sejumlah orang dan kargo ke sebuah stasiun luar angkasa yang baru dibangun. Lift ini membutuhkan waktu 7 hari untuk sampai ke tujuan.

Perusahaan tersebut mengatakan hal yang dulunya hanya menjadi fantasi belaka kini menjadi kenyataan, berkat perkembangan karbo nanoteknologi. Daya tariknya hampir 100 kali lebih kuat dari kabel saja, sehingga hal itu mungkin saja terjadi.

 Ekstensi lift luar angkasa bisa mewujudkan peluncuran roket dari stasiun luar angkasa tanpa memerlukan banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk memecah gravitasi. Selain itu mewujudkan pariwisata luar negeri, lift ini juga bisa membantu memecahkan masalah kelangkaan listrik didunia lewar sumbangan energi matahari yang jauh lebih murah.

3. Mobil Terbang 

   

Mobil terbang pertama akan pertama kali dipasarkan dalam dua taun kedepan oleh salah satu perusahaan asal amerika. Harga mobl ini akan dibanderol kisaran US$290 ribu atau 2,9 miliar.  Mobl terbang ini dapat melaju dngan kecepatan 240km/jam di darat dan 720km/jam diudara. Bentuk kendaraan ini seperti perpadua dari mobil deng pesawat. 

Dibuat dengan material komposit khusus, mobil terbang ini mampu untuk dioperasikan dalam modus autopilot dan memiliki sistem pengembangan parasut. Tidak hanya itu, mobil ini dilekapi juga dengan sistem suspesi agar pengemudi tetap nyaman dalam landasan yang kurang rata. Untuk bahan bakarnya sendiri menghabiskan 8 liter/100km dalam mode mobil dan 15 liter/jam dalam mode pesawat. Nmun mobil terbang ini masih dalam pengembangan dan percobaan.

4. Hotel luar angkasa 

Ini Hotel Luar Angkasa Buatan Rusia


Hotel luar angkasa ini telah di kembangkan di suatu perusahaan dirusia bernama Orbital. Hotel ini akan dibangun 217 mil dari bumi dengan daya tampung 7 tamu dan 4 kabinya. Hotel luar angkasa komersial ini belum punya nama. Rencanya perusahaa tersebut akan dioperasikan mulai 2016. 

Dalam kondisi non-gravitasi, para pengunjung bisa memilih tidur secara horizontal atau vertikal. Sementara untuk air mandi akan diatur sedemikian rupa agar tidak mengalir ke tempat yang tak seharusnya. Sebab tanpa gravitasi air bisa mengalir ke segala arah.

Para wisatawan tajir yang mampu membayar akan didampingi kru berpengalaman yang bertugas menghangatkan makanan yang disiapkan di Bumi dikirmkan ke hotel menggunakan roket. Semua limbah yang dihasilkan akan didaur ulang. Demikian dengan udara yang akan disaring untuk menghilangkan bau dan bakteri.

5. Pesawat beratap tansparan 

Sumber : Centre for Process Innovation / Via uk-cpi.com

Perusahaan teknologi asal inggris, Center for Process Innovation (CPI) menciptkan konsep pesawat tanpa jendela, di klaim sebagai yang pertama didunia, Jadi sebenarnya pesawat ini tidak benar-benar transparan. Untuk menganti Jendela ada layar OLED dengan resolusi High Definition yang menampilkan suasan diluar pesawat yang tercapture dengan kamera. 

Pesawat ini juga dilengkapi suasa diluar pesawat yang tercapture oleh kamera. Pesawat ini juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan internet. Asyiknya lagi penumpang bisa mengatur sendiri tampilan yang ingin diliat dilayar. 

Foto: Centre for Process Innovation / Via uk-cpi.com

CPI mengklaim bahwa menghilangkan jendela dapat mengurangi berat pesawat dan biaya, Juga lebih rama lingkungan karena konsumsi bahan bakar serta emisi karbondioksida juga lebih rendah. Kenyamanan penumpang juga meningkat karena tempat duduk/seat akan lebih lebar. Sebelumnya, CPI menyatakan bahwa mereka akan terlebih dahulu membuat dinding menjadi lebih tipis lebih ringan kuat dari pesawat yang ada saat ini. 

Pesawat dengan teknologi seperti ini, Dirmalkan akan terealisasi 10 tahun lagi. Bayangkan untuk anda yang hobi travelling akan bisa menikmati alam indonesia dari ketinggian jika pesawat ini beroperasi. 


6. Online Duty Free Shop 

       

Berbelanja untuk keperluan sendiri atau membeli oleh-oleh untuk keluarga juga kerabat menjadi hal yang wajib bagi anda yang suka travelling, Apa lagi ketika anda pergi jalan-jalan keluarga negeri sayang juga jika tidak membeli apa-apa di negera yang dikunjungi. 

Anda sering berpergian ke luar negeri pasti sudah sering melihat dua kati ini Duty Free, Sayangnya banyak orang yang tidak mengerti duty free tersebut. 

Jadi duty merujuk pada pajak atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pemerintah setempat. Toko yang menjual barang impor kepada pembeli yang menginggalkan negara tersebut tidak dikenakan pajak tambahan. Nah, inilah yang disebut dengan Duty Free, Artinya kamu bisa memberli barang tanpa harus membayar pajaknya.

Toko yang menjual barang bebas pajak ini biasanya berada di area keberangkatan international. Selain duty terdapat juga istilah Tax Refund yang maksudnya adalah pengembalian barang karena pajak yang sudah kamu bayar dengan uang.  Tetapi Tax ini berbeda-beda di setiap negara, 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »