Perkembangan Teknologi Printer 3D

Perkembangan Teknologi Printer 3D -- Perkembangan teknologi tidak terbatasa pada gadget ataupu komputer bahkan alat pembantu seperti mouse spekaer bahkan printerpun mengalami perkembangan seperti komputer maupun gadget. Di dunia percetakanpun teknologi seperti printer terus dikembangkan hingga diprediksikan teknologi printer 3D di ini tercipta. Alat ini berbentuk 3 Dimensi dimana sbuah objek 3D dibuat dengan meletakan lapisan berturut-turut beberapa bahan atau dikenal dengan sebagai prototipe atau stereolithography.




 Printer 3D ini akan menghasilkan benda padat bukan seperti mencetak selembar 2D seperti printer yang sudah biasa anda gunakan. Printer 3D ini akan melengkapi teknologi 2D yang sudah lama kita gunakan sebagai alat cetak yang outuputnya berupa lembaran dua dimensi

Proses pembuatan produk menggunakan 3D printer -- Objek dibangun layer demi layer hingga membentuk objek yang sempurna menggunakan material tertentu. Berbeda dengan teknologi seperti pada mesin CNC (Computer numerical Control) yaitu substractive manufacturing, 3D printing menganut teknologi additive manufacturing dimana objek terbangun dengan membentuk layer per layer material bukan membuang material seperti laser cutting. Terdapat sejumlah teknologi dalam dunia 3D printing, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dibawah ini merupakan hasil teknologi printer 3D





Dua gambar ditas merupkan hasil karya printer 3D yang dibangun oleh seorang pengusaha di dubai.

Local Motors asal Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan supercar pertama du dunia yang dibuat menggunakan mesin printer 3D (Foto: Motorauthority).

Diatas merupakan mobil super cepat hasil cetakan printer 3D.


Cara kerja printer 3D --
Cara kerja mesin ini hampir sama dengan printer 2D namun hanya sisi desainya yang berbeda.

1. Desain Model
Jika ingin melihat hasil kerja dari printer 3D anda harus buat dulu desain model dalam bentuk 3 Dimensi dan ini juga menggunakan software khusus untuk model desain 3D (seperti autocad) yang mendukung printer 3D tersebut. Contohnya anda ingin mendesain gambar 3D Robot untuk anak-anak maka untuk percobaanya menggunakan software 3D

2. Printing
Jika telah selesai mendesain 3D robotnya anda bisa langsung print di print 3D. Proses mencetak pun mulai lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model.

3. Finishing
Setelah dicetak proses terakhir pun dilakukan dengan melihat hasil cetakan desain 3D robot yang anda buat tadi.


Harga Printer 3D-- Untuk harganya ini bisa mencapai Rp 30.000.000 dengan kecanggihan seperti itu harga yang di bandrolpun lumayan murah karena bahan yang digunakan mahal dan juga ukuranya beserta beratnya berbeda dengan printer 2D.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »